Sektor Energi Terbarukan Indonesia Dilirik Tiongkok

Indonesia negara maha kaya sumber daya alamnya. Para jamaah netizen semua pasti setuju kenyataan menggembirakan itu. Nah, potensi di sektor energi terbarukan kita belum lama ini dilirik oleh investor empat perusahaan Tiongkok.

Kabarnya, negara tirai bambu itu akan menggelontorkan US$2,16 miliar (sekitar Rp29,1 triliun, kurs Rp13.500 per dolar AS) untuk pengolahan dan pengembangan tiga sektor energi terbarukan. Proyek yang akan digarap tahun ini itu antara lain pengolahan dari batubara menjadi methanol dengan investasi sebesar US$1,5 miliar ; fasilitas pengolahan sampah menjadi energi sebesar US$150 juta dolar AS; serta dua perusahaan produksi panel solar dengan nilai investasi masing-masing US$150 juta dan US$360 juta.

“Mereka sudah melakukan komunikasi dengan mitra lokal di Indonesia, kami akan mendorong minat investasi tersebut agar segera direalisasikan,” kata Kepala BKPM Franky Sibarani yang dilasir laman resmi Dirjen EBTKE.

Para investor itu juga telah merencanakan proyek bersama dengan nilai rencana investasi sebesar US$1,5 miliar yang akan memproduksi 1,1 juta ton methanol per tahun. Produk methanol yang dihasilkan juga akan dibeli oleh PT Pertamina (sebagai off-taker) dan rencananya fase konstruksi tahap pertama dimulai pada kuartal ketiga 2016. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Ema Fitriyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *