Sepertiga Target Pengelolaan Gas Bumi FSRU Lampung

Fasilitas Floting Storage and Regasification gas bumi di Lampung yang dikelola PT PGN, Akhir bulan ini akan kembali menerima, mengelola dan mendistribusikan satu kargo gas bumi cair dari Kilang LNG Tangguh, Papua. Kargo ketiga yang akan dikelola dari target 8 kargo LNG yang dialokasikan dari Kilang Tangguh tahun ini akan segera terlaksana.

Sebuah kargo gas bumi cair kurang lebih itu setara dengan 137.700 meter kubik fluida. Kargo LNG ketiga tersebut terjadwal akan segera di proses pada FRSU lampung pada tanggal 26 bulan Mei tahun 2016 ini. Suplai untuk FSRU Lampung tersebut di harapkan akan memperkuat pasokan gas bumi PGN khususnya untuk pelanggan di wilayah pulau Jawa Bagian Barat hingga ke daratan Sumatera Bagian Selatan.

Sebelum disalurkan, LNG tersebut melalui proses perubahan bentuk dalam bentuk dari cairan kembali ke bentuk gas. Kemudian Setelah di kembalikan ke bentuk gas bumi, dari FSRU Lampung, gas bumi tersebut di salurkan melalui pipa bawah laut menuju stasiun penerima di Labuan Maringgai yang terhubung dengan pipa South Sumatera West Java. lalu selanjutnya dapat didistribusikan ke pelanggan PGN di Jawa bagian Barat dan Sumatera bagian Selatan. Atau sampai ke tungku tempat penggorengan ikan, tempat memasak nasi, Merebus air, Bahkan sampai pada instalasi pembakaran pada ketel uap pembangkit tenaga listrik yang sudah terfasilitasi jaringan pelayanan PGN. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih M. Arbib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *