Sesi Pertama: Menjawab Kebingungan Program Transformasi PGN

Acara Sarasehan Bersama Manajemen yang diselenggarakan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terbagi dalam beberapa sesi diskusi. Pada sesi diskusi, sedikitnya ada tiga poin utama yang menjadi permasalahan selama ini. Permasalahan pertama terkait kebingungan dalam transformasi karena bisnis ini belum selesai proses.

Menanggapi hal tersebut, dewan direksi sebenarnya sudah memberikan job desk draftpertama ke semua kepala satuan kerja. Melalui pemberian job desk tersebut, diharapkan seluruh satuan kerja sudah memberikan masukan, di mana masukan nanti akan diolah kembali. Hal ini perlu dilakukan karena  memungkinkan ada satuan kerja yang ingin kegiatannya berkurang ataupun sebaliknya.

Selain itu, sebelum transformasi sebetulnya dewan direksi juga sudah mengidentifikasi seluruh kegiatan yang ada di PGN, yaitu seluruh kegiatannya mencapai 260 kegiatan. Saat ini tim sudah mulai memilah, dan sedang dikonfirmasi ke kepala satuan kerja, tinggal nanti tim transformasi melakukan penyisiran.

Sementara permasalahan kedua terkait program transformasi ini adalah mengenai tagihan dan keterlambatan yang berkaitan dengan bisnis proses. Dalam hal ini, dewan direksi menegaskan bahwa tidak ada yang berubah dalam proses pembayaran. Proses di keuangan lancar, dan dewan direksi mengajak kepada teman-teman untuk mengerjakan bersama. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Fahrudin Mualim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *