Siapakah Pengembang Gas Bumi di Indonesia?

Jika mendapati pertanyaan seperti wacana di atas, apa jawabanmu? Stop jangan dijawab dulu. Pertama saya akan menjawab pertanyaan tersebut secara singkat yaitu PGN. Kenapa PGN? Selanjutnya saya akan mendedahkan alasan saya menjawab PGN. PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau yang akrab kita sapa PGN adalah Badan Usaha Milik Negara yang secara khusus mengelola Gas Bumi di Indonesia. Dari namanya saja mungkin anda sudah familiar bukan.

Nah pendedahan selanjutnya adalah mengenai prestasi yang dimiliki PGN. Dari tahun ketahun saya sering membaca gencarnya pemberitaan prestasi atau hasil kerja keras perusahaan gas Negara tersebut. Beberapa sumber mencatat PGN telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi lebih dari 7.100 kilometer. Jumlah tersebut setara 76 persen pipa gas bumi seluruh Indonesia.

Puluhan tahun sudah, PGN membangun jaringan gas bumi di berbagai daerah. Semisal sejak era 1970-an di mana harga gas terpaksa dijual dengan murah, karena pada periode itu harga BBM masih murah karena disubsidi pemerintah bahkan sebagian dari impor. Tentunya perusahaan tersebut merugi, hebatnya lagi  di tahun 1974-an PGN melakukan inovasi dengan sedikit mengubah pola bisnisnya yang sebelumnya menyalurkan gas buatan menjadi menyalurkan gas bumi melalui pipa. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Akbar Fatriyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *