Surabaya Menjadi Pionir Pengembangan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melalui program Sayang Ibu secara aktif terus mengembangkan jaringan gas bumi untuk rumah tangga di berbagai kota di Indonesia. Pemanfaatan energi baik yang hemat dan ramah lingkungan ini tentu saja sangat menguntungkan para ibu rumah tangga terutama mereka yang mempunyai profesi rangkap sebagai pengusaha kecil atau pengusaha ‘rumahan’.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang dikenal ‘sangat akrab’ dengan wong cilik telah bertemu Menteri ESDM di Jakarta untuk menjalin kesepakatan kerja sama dalam sektor energi bersih, termasuk energi terbarukan dan gas, pada akhir Mei 2015 lalu. Setelah peninjauan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said,  Surabaya dinilai memang paling siap menjadi percontohan pengembangan jaringan gas bumi untuk rumah tangga dan bisa menjadi pilot project percepatan pemanfaatan energi bersih bagi kota-kota lain di Indonesia.

Mengapa Surabaya? (Selengkapnya di sini)

Selain karena kotanya sudah tertata dengan baik, ternyata Surabaya dinilai telah memenuhi persyaratan dasar dalam pembangunan jaringan gas, yakni tersedianya infrastruktur pipa, pasokan gas, dan pasar.

Penulis Hetty Indrarini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *