Tiga Jalur Baru Gas Bumi Dibangun PGN di Jawa Timur

Hi, Assalamualaikum!

How your fasting? Masih lancarkah? Omong-omong soal puasa, saya jadi teringat berita soal gas bumi tempo hari. Di bulan puasa ini, kebutuhan pangan sangat banyak sehingga permintaan di pasar pun menjadi tinggi. Satu di antaranya yang sensitif adalah masalah ketersedian gas bumi di kalangan masyarakat.

Keberadaan bahan bakar gas, baik untuk sektor rumah tangga ataupun industri menjadi kebutuhan utama. Sepengalaman saya beberapa tahun lalu memperhatikan ibu di rumah saat bulan puasa, biasanya agak kebingungan menemukan gas untuk memasak. Selalu saja, pasokan gas yang biasa ia beli di toko atau warung sekitar rumah habis, atau mesti menunggu lama untuk bisa mendapatkan setabung gas.

Akan tetapi, kelangkaan itu tak lagi dirisaukannya sebab kini ada aliran gas bumi dari PGN yang mengaliri rumah kami. Tampaknya, dari beberapa berita yang saya baca pun, perusahaan BUMN ini memang serius untuk membentang jaringan pipa gas sepanjang mungkin seperti di awal bulan puasa kemarin, PT Perusahaan Gas Negara, Tbk. mengumumkan jaringan gas bumi mereka yang baru di beberapa daerah di Jawa Timur. Pembangunan infrastruktur baru ini tersebar di tiga titik, yakni kawasan Kalisogo hingga Waru sepanjang 30 km, Kejayan sampai Purwosari 15 km, dan Mojokerto-Jombang 27 km.

Dikutip dari Detik, saya pun baca bahwa proyek pipa gas Kalisogo-Waru ini dapat dimanfaatkan calon pelanggan seperti industri pakan, food beverage, keramik dan kawasan industri baru di sekitar wilayah Sidoarjo,  Jawa Timur. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Ema Fitriyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *