Wujudkan Persaingan Ekonomi Level Asean dengan Gas Bumi

UMKM telah menjadi kekuatan ekonomi baru di Kota Tangerang dan penggerak ekonomi kreatif yang siap menghadapi persaingan di level Asean. Segala pembangunan yang ada harus menjadi potensi peluang usaha baru untuk promosikan produk termasuk membangun pasokan gas bumi untuk kebutuhan masyarakat.

Banyak produk lokal hasil karya warga yang telah berhasil menembus pasar nasional dan internasional. Hal ini merupakan peluang ekonomi positif dalam menghadapi persaingan global. Pertumbuhan UMKM di Kota Tangerang pun memiliki tren positif.  Berdasarkan data Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi hingga akhir tahun 2015, jumlah UMKM di Kota Tangerang mencapai 10.079 unit. Jumlah tersebut terbagi dalam tiga kategori yakni UKM MIkro 8.132 unit, UKM Kecil 1.502 Unit dan UKM Menengah 445 Unit.

Begitu banyaknya keberadaan UMKN di Tanggerang sendiri mendorong pemerintah kota untuk membangun jaringan pipa gas. Seperti yang dilakukan kota Surabaya untuk memajukan ekonomi masyarakatnya.

Jaringan pipa gas milik PGN di wilayah Surabaya kini banyak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). saat ini ada sekitar 17 pelaku usaha pembuat kue yang memanfaatkan keberadaan gas energi baik ini. Salah satunya adalah produsen kue lapis khas Surabaya. (Selengakpnya di sini)

Penulis Adi Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *