Yuk, Intip 10 Cara Bijak Menghemat Air

Energi alternatif dimuka bumi yang paling banyak yaitu, air. Air Merupakan sumber kehidupan seluruh mahluk hidup, dan menjadi kebutuhan pokok. Air, senyawa paling berpengaruh dalam setiap aktivitas di luar atau dalam tubuh manusia. Sering kali air digunakan manusia untuk kegiatan sehari-hari, seperti MCK (Mandi, Cuci, Kakus), menyiram tanaman, minum, dan kebutuhan yang lainnya. Selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, air juga dapat dijadikan energi alternatif yang sangat memadai di Indonesia. Tanpa adanya air dunia tak berarti apa-apa.
Sebagian wilayah di Indonesia adalah perariran. Walaupun begitu, kelangkaan air bersih sering terjadi di beberapa wilayah, terutama ketika musim kemarau tiba. Air bersih sangat sulit didapatkan, ketika kemarau melanda. Hal itu seharusnya membuat kita tersadar akan pentingnya penggunaan air secara baik. Sebagai mahluk hidup yang peduli dengan sesama, hematlah pemakaian air. Gunakan air sesuai kebutuhan kita. Ada beberapa cara bijak menghemat air.

Ini dia, 10 cara bijak menghemat air:
Pertama, mandi dengan shower, daripada menggunakan gayung dan bathtub
Mandi dengan gayung bisa menghabiskan sekitar 15 liter air sementara dengan bathtub paling tidak 100-300 liter air habis digunakan.

Kedua, matikan kran setelah mencuci tangan, gosok gigi, bahkan ber-wudhu
Menurut Metropolitan Water District of Southern California (MWDSC), AS, hal ini sanggup menghemat 11 liter air per hari.

Ketiga, Cuci peralatan makan dan pakaian dengan air tampungan
Untuk membilas alat makan, gunakan air mengalir agar kotoran terbuang. “Pakai shower untuk menghemat,” kata Nasrullah. Tiap mencuci, kumpulkan alat makan dan pakaian kotor, lantas cuci sekaligus. Penuhi kapasitas maksimal jika memakai mesin.

Keempat, Tampung air bekas cucian tanpa deterjen untuk menyiram tanaman atau kloset.
Menurut MWDSC, kegiatan ini bisa menghemat 750-1.150 liter air sebulannya.

Kelima, Kurangi konsumsi barang yang “menyedot” air
Misalnya, kertas, daging, dan nasih putih. Tahukah kita bahwa produksi selembar kertas ukuran A4 seberat 80 gram membutuhkan 10 liter air? Produksi 1 kg daging sapi menghabiskan 15.500 liter air, sedangkan 1 kg beras putih membutuhkan 3.400 liter air. Belum lagi air yang digunakan untuk memasak daging dan beras.

Keenam, Gunakan ulang alat makan dan pakaian jika belum terlalu kotor
Kalau kita sering berganti gelas, kita mengkonsumsi air lebih banyak untuk mencucinya. Itu juga berlaku untuk pakaian yang belum kotor karena keringat atau noda.

(Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Nurfitria Harnia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *