Yuk, Mari Berlomba untuk Menemukan Energi Alternatif!

Sumber energi alternatif dapat ditemui di sekitar kita, seperti  limbah kayu, limbah kelapa sawit, buah salak, pelepah daun pisang dll. Energi alternatif juga menjadi jaminan di masa mendatang, sehingga bukan hanya saja dari para ilmuan atau lembaga-lembaga penelitian yang berusaha menemukan energi alternatif. Namun, para siswa dan mahasiswa di Indonesia juga berlomba-lomba untuk menemukan sumber energi alternatif untuk kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya adalah Mahasiwa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang, yang meneliti tentang kemungkinan Rumen atau struktur sistem pencernaan ternak dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Rumen atau struktur sistem pencernaan ternak umumnya menjadi limbah bagi rumah potong hewan. Rumen dianggap sepele oleh masyarakat karena itu selama ini rumen tak banyak dimanfaatkan dan diolah karena dianggap tidak mempunyai kegunaan. Sistem biogas pada rumen yang menggunakan teknologi microbial fual cell dikombinasikan, dengan memanfaatkan bakteri anaerob, limbah rumen sebagai bahan baku untuk menghasilkan energi. Padahal, selama ini rumen tidak banyak dimanfaatkan dan tidak diolah karena tidak mempunyai kegunaan.

Tak hanya mahasiswa Universitas yang berusaha menemukan energi alternatif, tiga siswi SMAN 1 Bojonegara, Banten juga memanfaatkan limbah elektronik, khususnya printer, untuk dijadikan lampu dan charger emergensi mekanik. penelitian ini didorong karena kekhawatiran pada sumber energi yang semakin mahal, dan menunjukan bahwa ada banyak cara untuk menciptakan energi alternatif terbarukan yang terjangkau dan ramah lingkungan. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Adi Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *